3 Mutiara Kehidupan Dari Buku Rezeki Level 9 Mas Andre Raditya

“Ah keren banget nih buku, dia harus baca, kamu harus baca dan kita semua harus baca” 

Tak jarang saya bergumam seperti itu saat menemukan buku berkualitas, saya buru-buru merekomendasikannya kepada orang-orang terdekat. Biasanya saya rekomendasikan istri, amak, adik dan sahabat-sahabat terdekat untuk membacanya. Dan saat memiliki blog ini saya berharap bisa merekomendasikan buku-buku berkualitas yang saya baca kepada teman-teman pembaca blog. Ya, setidaknya saya kecipratan amal kebaikan dari merekomendasikan kebaikan.

Dan, kali ini saya akan menulis tentang buku karya Mas Andre Raditya, lebih dikenal dengan life sign guru . Saya sudah jadi penikmat karya beliau semenjak buku pertamanya Life Sign (Menguak Rahasia tanda kehidupan dari tuhan dan memanfaatkannya seketika) yang terbit tahun 2011, buku keduanya The Savior (Buku sakti pembongkar rahasia pundi-pundi kekayaan abadi ) terbit 2012 dan selang 4 tahun  selanjutnya  buku Rezeki level 9 (Ratusan naskah kuno tentang rezeki telah disarikan) .Ketiga buku tersebut diterbitkan oleh Kompas Gramedia Group.

life-sign-dan-the-savior
Buku life sign dan the savior karya Andre Raditya

Buku Rezeki level 9 ini cukup membuat saya penasaran, alasan pertama adalah karena saya sudah menjadi penikmat karya mas andre sejak awal, setiap karya beliau selalu membawa ide-ide istimewa dan beberapa gagasan yang sudah ada namun dikemas dengan gayanya yang khas. Alasan kedua adalah jarak terbitnya buku ini dengan buku kedua beliau cukup lama yaitu 4 tahun, artinya banyak perenungan, hikmah kehidupan serta pengalaman berharga yang beliau kumpulkan dulu untuk menyusun buku ini.

Nah, jika sahabat juga merasakan hal yang sama berikut saya coba hadirkan beberapa hal yang menurut saya mutiara kehidupan yang sangat berharga dari buku ini.

Allah menjamin rezeki setiap makhluknya

Mutiara yang pertama adalah tentang jaminan rezeki dari Allah terhadap makhluknya. Memang kita sudah tau tentang hal ini namun masih sering khawatir akan rezeki dari Allah SWT sehingga mau menempuh cara-cara yang Allah larang untuk mendapatkannya.

Dalam buku Rezeki level 9 ini disebut rezeki level 1, saat menjelaskan bagian ini mas andre menuliskan tentang kisah seekor Bughtas . Bughtas ini adalah sebutan untuk anak gagak di wilayah Suriah dan sekitarnya. Para alim ulama di suriah menyebut nama burung ini dalam do’anya.

“Allohummarzuqna kamaa tarzuqul bughotsa”

“Ya Allah, berilah aku rezeki sebagaimana Engkau memberi rezeki kepada Bughtas.”

Apa istimewanya Bughats ini ? Ternyata kisah hidupnya. Bughats terlahir tanpa bulu sehingga tampak berwarna putih. Dan akibatnya induk Gagak akan merasa bahwa Bughats adalah spesies yang berbeda. Sehingga jadilah dia anak yang tak diakui. Memprihatikan bukan ? Iya menurut pandangan kita. Tapi Allah selalu punya cara untuk memberikan rezeki padanya, Allah menciptakan aroma khusus yang keluar dari tubuhnya. Aroma ini menarik datangnya ulat dan serangga kecil untuk mendekatinya, jadilah itu makanan gratis bagi Bughats kecil. Rezeki yang diantar mungkin begitu istilahnya.

Karena rezeki sudah dijamin jadi tak perlu dipaksakan

Di level kedua mas Andre menulis tentang rezeki yang dipaksakan. Rezeki yang dipaksakan adalah saat kita memaksakan diri untuk memilikinya padahal sebenarnya kita tidak/belum sanggup. Kita mungkin menikmati rezeki ini, tapi pada akhirnya memberikan dampak buruk dalam kehidupan kita.

Apa itu rezeki yang dipaksakan ? Hutang. Hutang adalah jenis rezeki yang dipaksakan, akan merugikan orang lain yang kita hutangi dan juga diri kita sendiri karena jika tak sanggup membayarnya. Jika kita berhutang kepada lembaga keuangan dengan sistem berbunga tentu akan menjadi riba. Nah, ini yang ngeribanget keteteran di dunia dan juga akhirat. Yuk ah, jika sudah terlanjur mari taubat. Berbenah perbaiki diri.

Berhutang boleh saja, tapi pastikan memiliki kemampuan untuk membayarnya, pastikan berhutang untuk kebutuhan hidup bukan memenuhi keinginan dan pastikan terjauh dari transaksi riba.

Memohon ampunan pada Allah SWT syarat datangnya rezeki yang dahsyat itu

Istigfar 

Memohon ampun kepada Allah SWT. 

Ya…memang itulah syarat bagi datangnya rezeki yang dahsyat itu. 

Kurang lebih seperti itulah kutipan pembuka bagian ini, bab rezeki level 9. Istigfar adalah rezeki level 9 yang dimaksud oleh mas Andre.

“Rezeki level 9 adalah jenis rezeki yang hanya mau dijemput oleh orang-orang yang bersih hatinya. Oleh orang-orang yang setiap harinya beristigfar kepada Allah. mereka yang begitu sadar lebih utama memohon ampun atas segala dosa dan kesalahan agar tidak membuat Allah marah, daripada sibuk meminta dengan berbagai permintaan yang belum nanti ia mampu syukuri ketika sudah berhasil mendapatkannya.” Tulis mas andre menjelaskan tentang rezeki ini.

Rasulullah SAW pun bersabda :

“Barang siapa memperbanyak istigfar (memohon ampun kepada Allah), niscaya Allah menjadikan untuk setiap kesedihannya jalan keluar dan untuk setiap kesempitannya kelapangan dan Allah akan memberinya rezeki (yang halal) dari arah yang tiada disangka-sangka” (HR.Ahmad)

So, perbanyak istigfar, perbanyak memohon ampun pada Allah SWT. Agar Allah beri kelapangan rezeki untuk kita. Dan perlu kita pahami juga kalau rezeki tentu tidak hanya sebatas uang yang masuk ke rekening dan harta yang berhasil kita miliki. Bisa merasakan nikmatnya iman dan islam itu rezeki, sehat itu rezeki, menikmati sajian ilmu berkualitas itu rezeki, Allah karuniakan keluarga yang utuh itu rezeki, Allah beri kesempatan berdo’a itu rezeki dan banyak lagi kebaikan-kebaikan lainnya.

Itulah mutiara kehidupan yang saya coba sarikan dari buku Rezeki level 9 karya mas Andre Raditya, kalau ibaratkan gunung es yang saya tulis ini baru puncak gunungnya.Artinya masih banyak mutiara kehidupan lain dari buku ini. Jika sahabat ingin mendapatkan hikmah kebaikan dari buku ini saran saya segera baca. Banyak sekali hal istimewa dari buku setebal 154 halaman ini, belum lagi bonus-bonusnya berupa video, workbook dan fasilitas group facebook. Ajiib dah pokoknya.

Oya buku Rezeki level 9 ini bisa sahabat dapatkan di TB Gramedia terdekat atau pesan lansung melalui akun facebook mas Andre Raditya .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *